Bagian Telinga Manusia dan Fungsi Pendengarannya

Ditinjau Oleh: dr. Andrew Halim, Sp. T.H.T.K.L, FICS

Bagian telinga manusia dan fungsinya penting untuk kita kenali dalam menambah pengetahuan agar lebih bisa menjaganya dengan baik.

bagian telinga manusia

Klinikthtterpadu.com – Sebagai indera pendengar, telinga membantu manusia untuk mengetahui bunyi apa yang terjadi pada lingkungan sekitar.

Telinga dapat menangkap bunyi atau suara karena telinga memiliki penerima khusus suara untuk mendengar bunyi dengan frekuensi antara 20 – 20.000 Hz. Tentu saja, Anda akan sangat kebingungan, bila pendengaran Anda terganggu.

Anatomi Telinga Manusia

Anatomi telinga manusia terdiri dari 3 bagian utama yaitu:

1. Bagian Telinga Luar

bagian telinga

Telinga terluar terdiri dari daun telinga, lubang telinga, dan gendang telinga. Fungsi daun telinga adalah sebagai pengarah suara untuk dapat masuk ke dalam lubang telinga dan dilanjutkan menuju gendang telinga.  Selain menerima getaran suara dari luar, gendang telinga ini berfungsi sebagai pelindung telinga dari bakteri, air, dan benda asing lainnya.

 

2. Bagian Telinga Tengah

Telinga tengah berada di antara telinga luar dan telinga dalam yang terdiri dari 3 tulang pendengaran, yaitu tulang pendengaran martil (malleus), landasan (incus), dan Sanggurdi (stapes), serta 1 saluran eustachius.

Suara yang disalurkan oleh gendang telinga akan diteruskan ke 3 tulang pendengaran. Setelah sampai di tulang sanggurdi, getaran akan diteruskan ke rumah siput (koklea). Sementara, saluran eustachius bertugas untuk memasukan udara ke bagian tengah dan menyeimbangkan tekanan antara udara di gendang telinga dan udara di luar. Saluran ini juga akan membuka pada saat Anda mengunyah, menelan, menguapp, membuka mulut, atau saat Anda bersin.

 

3. Bagian Telinga Dalam

Telinga dalam merupakan bagian terdalam dari telinga yang terdiri dari 2 bagian, yaitu:

– Rumah siput, berfungsi sebagai pengarah getaran suara ke impuls listik, saluran berbentuk setengah lingkaran yang berfungsi untuk menajaga keseimbangan.

– Saraf auditori, berfungsi sebagai penerus implus listrik dari saraf ke jaringan otak.

 

Baca juga : Telinga Berdenging, Inilah 8 Penyebabnya

Jika Anda mengalami masalah kesehatan pada telinga, hidung, dan tenggorokan, Anda bisa mengunjungi ke Klinik THT Terpadu untuk dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis THT.

  •  
  •  
  •  
  •  

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email